Pages - Menu

23.3.15

PANDAN CHEESE BROWNIES (2)

Sudah lamaaa...nggak bikin brownies kukus yang macem-macem (kecuali yang cokelat), eeeh kemarin ada teman kantor naksir si hijau muda ini setelah liat fotonya di instagram.. Sekalian memenuhi order, sekalian temu kangen sama salah satu varian browkus ini. Bikin 2 loyang deh... Resepnya masih sama seperti yang dulu, aku culik dari kumpulan resep brownies kukus Ny. Liem, aku share lagi yah :-)


He he..beda dikit penampilan sama yang dulu yaa..lebih fresh kali ini..

Pandan Cheese Brownies
by Ny. Liem

Bahan I :
    6 kuning telur    5 putih telur125 gram gula pasir     8 gram cake emulsifier (misal : tbm, sp, ovalett, dll.) 1/4 sdt vanili bubuk

Bahan II :
150 gram tepung terigu protein sedang  20 gram susu bubuk full cream 1/2 sdt baking powder

Bahan III (cairkan) :
60 gram mentega (butter)60 gram margarin60 gram white cooking chocolate75 gram cheese spread (saya pakai cream cheese)  1 sdt pandan pasta

Topping :
50 gr whip cream bubuk kocok dengan 100 ml air es hingga kaku (bisa juga menggunakan buttercream)
100 gr keju cheddar, parut

Cara Membuat :
  1. Campur dan kocok Bahan I menjadi satu hingga mengembang dan mengental.
  2. Masukkan Bahan II sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  3. Tuang Bahan III, aduk balik perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  4. Tuang ke dalam 2 loyang ukuran 30 x 10 x 4 cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak dan dialasi kertas roti. (saya pakai 2 loyang 22x10x5 hasilnya agak tinggian)
  5. Kukus ke dalam panci pengukus selama 25 menit hingga matang.
  6. Angkat dan dinginkan. Olesi seluruh permukaannya dengan butter cream/whip cream hingga rata.
  7. Taburi dengan keju cheddar parut, hias sesuai selera.  
  8. Potong - potong, dan sajikan.



Brownies ini rasanya lembuut dan ringan...(harusnya nyebutnya bolu kukus kali ya..). Sedikit catatan, apa karena lidah saya yang sensitif dengan rasa asin, menurut saya yang kemarin ini agak keasinan, mungkin karena saya menggunakan cream cheese dalam adonannya.. harusnya kan cheese spread tuh yang sepertinya lebih ringan rasa kejunya. Abis itu mentega yang saya gunakan pun yang salted/asin. Next, kalau bikin lagi..kayaknya pas kalau pakai unsalted butter alias mentega tawar. 

Tapi overall ok, orang yang cenderung suka asin ga akan komplain..karena yaaa ini memang cake yang ngeju rasanya..:-) Tester saya sih si sulung, kalau dia doyan, berarti dah ok banget nih cake.. sampe kurang-kurang dia kemarin karena 1 loyang dibagi buat saudara dan sepupu.. Ok deh, nanti Ibu bikinin lagi ya Kak!

11.3.15

GREENTEA CAKE FOR ANNIVERSARY

Lagi santai di akhir pekan, tiba - tiba ditelepon teman kantor untuk bikinin cake buat perayaan silver wedding anniversary-nya. Mana telponnya sudah menjelang sore pula, buat besok paginya jam 9an. Hmmm...bahan sih ada semua, tapi mikir konsepnya dan belanja aksesoris/bahan kalau ada yang kurang..keburu gak ya? Akhirnya karena kapan hari sudah janji mau pesan (dan dikonfirmasi mendadak) ya mau tidak mau harus ready

Base cake sudah jelas, minta yang beraroma green tea/matcha, dengan warna cake overall hijau lembut, dan bentuknya persegi panjang yang jumbo karena buat keluarga besar. Sepakatlah ukuran 48 x 24 cm. Tinggal konsep nih yang masih belum jelas...searching sana sini buat dapetin gambaran ide..akhirnya mulai kebayang gimana nanti bentuknya... Yup, seperti inilah...seems not bad kan (saya sih bilangnya abstrak ga jelas), tapi stressnya luar biasa..hehehe..nyaris putus asa dibuatnya.



Motif abstrak itu ga sengaja sebenernya, berawal dari buttercream yang kurang (kehabisan bahan ceritanya), akhirnya covering ga bisa rata...daripada kelihatan jelek, sekalian aja semua diacak-acakin..hehehe..

Untuk base cake, aku pakai yang sudah jelas-jelas lembut aja, pakai resepnya Blue Velvet NCC, hanya aku modifikasi dengan tambahan bubuk matcha dan greentea pasta. Untuk frosting, aku tidak pakai whipcream, karena takut meleleh (ini cake gak muat masuk kulkasku soalnya)...jadi pakai buttercream special ala Bu Fatmah Bahalwan yang diberi sedikit pasta greentea


Aku bikin 2,5 resep dengan ukuran loyang 24 cm (pakai 2 loyang), terus masing-masing cake dibagi 2 melintang untuk diisi filling buttercream. Ini 1 resep dasarnya ya..


GREEN TEA CAKE
Adapted from BLUE VELVET CAKE
By : Fatmah Bahalwan / NCC

BAHAN A:

6 btr telur utuh
4 btr kuning telur
200 gr gula pasir
1 sdm cake emulsifier

BAHAN B:

125 gr tepung terigu
10 gr susu bubuk
10 gr tepung maizena
5 gr matcha powder (bubuk greentea)

BAHAN C:

150 gr Mentega, lelehkan
1 sdm pasta greentea / pewarna hijau lumut (moss green)

BAHAN D:

100 gr whipped cream
100 gr white cooking chocolate

BAHAN E: (frosting)

800 gr mentega putih/shortening
200 gr softcream (aku pakai hollmann)
1 kaleng susu kental manis
600 ml simpel sirup (atau bisa dikurangi sesuai selera manisnya)
1 sdt pasta green tea
Kocok semua bahan hingga lembut dan ringan, siap digunakan


CARA MEMBUAT:

  1. Panaskan bahan D di atas api hingga cokelat cair tapi tidak mendidih. Angkat. Dinginkan. Kocok sampai mengembang, sisihkan.
  2. Kocok bahan A hingga mengembang.Masukkan bahan B dan aduk rata, tuangi bahan C aduk balik hingga rata.
  3. Tuangkan kedalam 3 buah loyang bulat diameter 20x4cm, ratakan. (saya bikin 2,5 resep ini dan dituang ke 2 loyang kotak ukuran 24 cm)
  4. Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 25 menit atau hingga matang, angkat, masing-masing cake dibelah melintang jadi 2 dan dinginkan.
  5. Letakkan 1 lembar cake diatas triplek, poles dengan adonan D, tumpuk dengan 1 lembar cake lainnya. Lakukan hal yang sama dengan 2 lembar cake sisanya, kemudian tata cake berdampingan, oleskan buttercream di sisi sambungannya.
  6. Olesi sisi dan seluruh permukaannya dengan bahan E. Hias sesuai selera.
Stress dan lelah terbayar dengan testimoni pemesan yang bilang cake-nya enaaak banget dan ludes dibuat rebutan..alhamdulillah..

MARBLE CAKE

Pengennya sih sering-sering latihan bikin cake-cake yang didekor, tapi kalau nggak pesanan, siapa yang mau makan cake 'berat' macam begitu? Tapi kalau ngga sering latihan pas ada pesanan nervous deh karena belum pernah nyoba bikin dekornya..serba repot.. Pakai dummy? bisa sih, tapi nggak lah, saya ngga percaya sama dummy-dummy-an secara saya juga harus menguji reaksi cake kalau dicover dengan bahan tertentu, uji ketahanan suhu, kekokohan cake pasca dekor secara keseluruhan.. Ini berlaku untuk cake yang belum pernah bikin sama sekali tentunya. Kalau gak gini, gimana mau pede terima pesanan?

Naaah paling suka kalau dimakan sendiri ya bikin 'everyday cake' saja... seperti yang satu ini.. asal ada yang cantik dan kelihatan enak, (plus gampang bikinnya) melintas di group, langsung deh culik resep dan langsung dieksekusi.. (eh gak tentu begitu juga, kadang simpen - simpen saja itu resep tanpa kejelasan kapan mau direalisasikan..hehehe)


Jadi, dibikinlah ini, Marble Cake. Jenis cake yang klasik alias jadul banget sebenarnya...termasuk kelompok buttercake dengan tekstur padat pori-porinya dan tekstur agak kasar namun empuk. (mengenyangkan pastinya). Oke, ini resepnya :

Marble Cake
by Tannia Wong

Bahan :

6 butir kuning telur
5 butir putih telur (kocok kaku, sisihkan)
300 gr margarin
250 gr gula halus/kastor
225 gr terigu protein rendah (misal : kunci biru)
1/2 sdt vanili
25 gr cokelat bubuk
1 sdt pasta black forest (atau cokelat)

                        


Cara Membuat :
  1. Kocok gula dan margarin sampai benar-benar halus dang mengembang ringan (fluffy)
  2. Masukkan terigu dan vanili, lalu kuning telur aduk perlahan sampai rata
  3. Masukkan putih telur yang sudah dikocok kaku ke dalam adonan, sambil diaduk perlahan sampai rata
  4. Ambil 150 gr adonan, tuang cokelat bubuk sambil diayak dan tambahkan pasta black forest kedalamnya, aduk rata.
  5. Poles loyang ukuran 20 x 20 cm dengan margarin dan dialas kertas roti (saya pakai loyang silikon tulban diameter 22 cm)
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, selingi dengan adonan cokelat sedikit-sedikit sambil diacak dengan lidi
  7. Panggang cake dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang (30-40 menit sampai permukaan cake kecoklatan dan kering)
  8. Keluarkan cake dari oven, dinginkan, potong-potong sesuai selera
Hmmmm...sedaaap buat teman ngopi atau ngeteh di pagi maupun sore hari ;-)




TIRAMISU

Pertama bikin tiramisu itu duluuuuu...pas ikutan kursus di NCC tahun 2009-an. Itupun bikinnya juga bareng - bareng ding..bukan bikin sendiri. Waktu itu kursusnya tiramisu sama cheesecake. Kalau cheesecake sih sering bikin, tapi tiramisu ini nggak pernah dipraktekin samasekali dirumah. Alhasil jadi lupa-lupa ingat itu basecake yang dipake dulu vanila atau cokelat ya..(selain alternatif pakai lady fingers). 

Lihat resep sana sini sih mostly memang pake vanila kalau mau base sponge cake.. tapi kok ya ngeyel kayaknya salah deh itu resep, orang penampakannya aja coklat gitu (lha iya lah, kan disiram sama kopi!) Tapi dasar keras kepala, akhirnya bikin tapi rada 'nyeleneh', base pake sponge cake cokelat, hehehe.



Resepnya pakai punya NCC, pilih yang sama pas waktu kursus dulu soalnya.. Untuk base sponge cake, aku modifikasi sedikit resep sponge cake dasar NCC ini jadi cokelat. 

Sponge Cake Dasar
by Fatmah Bahalwan

Bahan:
8 btr telur
200 gr gula
225 gr tepung terigu (saya pakai 200 gr saja)
(saya tambahkan 25 gr cokelat bubuk)
1 sdm emulsifier
100gr margarine, lelehkan
(saya tambahkan 1 sdt pasta cokelat ke dalam margarine cair)

Cara membuat:
  1. Panaskan oven 180 derajat celsius.
  2. Kocok telur dan gula sampai mengembang, masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental berjejak (fase ‘jambul petruk’).
  3. Tuang tepung terigu (dan cokelat bubuk) sambil di ayak secara bertahap, aduk balik sampai rata. 
  4. Masukkan mentega cair (dan pasta cokelat), aduk balik sampai rata dengan spatula.
  5. Tuang kedalam loyang bulat 24 cm (saya pakai 22 cm), panggang hingga matang, kurang lebih 45 menit.
  6. Angkat, dinginkan di rak pendingin, belah melintang sesuai selera, sisihkan. (bagus sih sekitar 1 - 1,5 cm saja tebalnya, tapi sesuai selera yaa...cake-nya mau tebal atau tipis)



Tiramisu
by Fatmah Bahalwan/NCC

Bahan:

250 gr keju mascarpone
300 ml whipping cream
100 gr gula bubuk
½ sdt esens vanilli
4 btr kuning telur
50 gr gula kastor

Bahan lain:

2 sdm kopi instan, cairkan dengan
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua/rhum (optional, saya skip)
20 bh lady finger atau sponge cake coklat 3 lembar ukuran 22x22x3cm 

Garnish:
Whipped cream dan coklat bubuk secukupnya

Cara membuat:
  1. Kocok sebentar keju mascarpone untuk menghilangkan gumpalannya, sisihkan.
  2. Kocok whipping cream dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.
  3. Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Maksudnya disini kocok dan baskom berisi adonan dimasukkan ke dalam baskom lain yang lebih besar yang berisi air mendidih. Hati-hati jangan sampai air masuk ke adonan ya... (Namun kalau tidak keberatan kuning telurnya tetap mentah, bisa dikocok biasa saja, tidak usah kocok tim). Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
  4. Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarpone yg sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.
  5. Ditempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (bila pakai), aduk rata, sisihkan.
 Penyelesaian:
  1. Siapkan loyang bongkar pasang (diameternya sesuai dengan sponge cake yang sudah disiapkan ya..saya pakai 22 cm. Jika tidak ada loyang bongkar pasang/ring, bisa pakai mika yang diselotip dengan diameter sesuai kebutuhan) atau gelas saji. Susun lady finger (atau cake coklat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata. Perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarpone, ratakan.
  2. Susun lagi lady finger/sponge cake seperti lapisan bawah, basahi dengan cairan kopi, tuangi lagi dengan adonan mascarpone.
  3. Buat dua atau tiga susun. Paling atas, hias dengan whipped krim, lalu ayakkan coklat bubuk.
  4. Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.



Catatan:

Pastikan telur sudah kembali menjadi dingin sebelum mencampurkannya dengan whipped cream dan mascarpone. Suhu hangat akan membuat whipped cream mencair. 

10.3.15

MASHED POTATO DONUTS

Siapa tak suka donat? Roti goreng berbentuk cincin ini selalu jadi favorit siapa saja, anak-anak sampai orang tua, di segala suasana. Bahkan donat sudah menjadi semacam bagian dari lifestyle kaum urban. Tengok saja keberadaannya kini yang 'merajalela' di mal-mal papan atas dan cafe-cafe ternama. Jadi bayangan tentang donat saat ini samasekali bukan sekedar roti goreng berbentuk cincin yang ditaburi gula tepung dan dijual di pasar tradisional (walaupun saya dan anak-anak tetap paling suka versi yang satu itu). 

Baiklah, singkat cerita, ini adalah salah satu kudapan favorit keluarga saya, terutama anak-anak sangat menyukainya. Bikin donat kentang sudah biasa, coba-coba resep baru ini yang walaupun judulnya tetap mengandung kentang namun dalam bentuk yang berbeda, yaitu tepung.



Seperti donat kentang pada umumnya, resep ini pun menghasilkan donat yang empuk dan ringan teksturnya. Ini resepnya :

Donat Mashed Potato 

By Fatmah Bahalwan

Bahan :
  • 250gr terigu protein sedang
  • 250gr terigu protein tinggi
  • 50gr Knorr mashed potato
  • 1 sachet ragi
  • 50gr gula pasir
  • 25gr susu bubuk
  • 275gr air
  • 3 kuning telur
  • 75gr margarin
  • 1sdt garam


Cara membuat :
  1. Campur dan aduk rata tepung + mashed potato + gula pasir + susu bubuk + ragi
  2. Masukkan air dan kuning telur, aduk hingga menggumpal
  3. Masukkan margarin dan garam, biarkan mikser menguleninya hingga elastis
  4. Setelah elastis, timbang adonan @40gr. Bulatkan lagi hingga mulus dan letakkan diatas loyang yang sudah dipoles margarin dan ditabur tepung
  5. Tutup dan diamkan 30 menit atau sampai mengembang 2x
  6. Cara saya : gilas bulatan-bulatan donat dengan rolling pin hingga selebar cetakan donat, cetak dengan cetakan donat untuk membuat lubang di tengahnya.
  7. Panaskan minyak goreng dengan jumlah banyak dalam wajan teflon datar, api kecil saja agar donat tidak mudah gosong sebelum matang.  
  8. Masukkan donat satu per satu, goreng dengan api kecil dan sekali balik hingga cokelat keemasan.
  9. Biarkan dingin, beri topping sesuai selera.

BLUE VELVET CAKE

Pertama nyoba bikin cake ini karena penasaran, kalau Red Velvet kan sudah pernah bikin...lha ternyata kok ada versi blue-nya. Tapi setelah dilihat resepnya ternyata beda sama Red Velvet...bukan sekedar ganti warna doang maksudnya.. Ya sudahlah, dicoba bikin...eeeehhh enaaaak banget. Lembut dan mewah dengan manis yang pas. Fillingnya saya modifikasi dengan tambahan blueberry vla...(terinspirasi sama dark cherry vla-nya Mbak Ricke Ordinary Kitchen kalau pas bikin Black Forest)


Ga nyangkanya lagi...cake ini lumayan jadi best seller di bakulanku... Cake-cake ini base-nya pakai Blue Velvet semua... sampe bosen-bosen bikinnya waktu itu..:-) Tapi alhamdulillaaah...disyukuri aja rejeki yang sudah mampir. 








Buat yang mau coba bikin, ini resepnya :

BLUE VELVET CAKE
By : Fatmah Bahalwan / NCC

Bahan A:

6 btr telur utuh
4 btr kuning telur
200 gr gula pasir
1 sdm cake emulsifier

Bahan B:

130 gr tepung terigu
10 gr susu bubuk
10 gr tepung maizena

Bahan C:

150 gr Mentega, lelehkan
1 sdm pasta Blue Lecy / pewarna biru

Bahan D:

100 gr whipped cream
100 gr white cooking chocolate

Bahan E:

300 gr whipped cream, kocok dengan 1 sdt essence mint



Cara Membuat:

  1. Panaskan bahan D di atas api hingga cokelat cair tapi tidak mendidih. Angkat. Dinginkan. Kocok sampai mengembang, sisihkan.
  2. Kocok bahan A hingga mengembang.Masukkan bahan B dan aduk rata, tuangi bahan C aduk balik hingga rata.
  3. Tuangkan kedalam 3 buah loyang bulat diameter 20x4cm, ratakan.
  4. Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 25 menit atau hingga matang, angkat dan dinginkan.
  5. Letakkan 1 lembar cake diatas triplek, poles dengan adonan D, tumpuk dengan 1 lembar cake ke-2, poles lagi, dan tumpuk lagi dengan 1 lembar cake ke-3. Bila menghendaki 6 layer, tiap Loyang belah dulu melintang menjadi 2 lembar. (saya menggunakan blueberry vla*, masukkan adonan D kedalam plastik segitiga, potong ujungnya, semprotkan melingkar mulai dari bagian luar, setelah 1 lingkaran penuh, ganti semprotkan blueberry vla yang telah dimasukkan ke kantong segitiga dan dipotong ujungnya, buat 1 lingkaran penuh, ganti semprotkan lagi adonan D, selang seling seterusnya hingga ke pusat lingkaran. Jika diiris, penampang melintang cake akan tampak seperti gambar diatas).
  6. Olesi sisi dan seluruh permukaannya dengan bahan E. Hias sesuai selera.


*Blueberry Vla :

1 kaleng blueberry, tiriskan airnya, sisihkan
300 ml air blueberry kalengan (tambahkan air putih hingga 300 ml jika air blueberry kalengan tidak sampai 300 ml)
50 gr gula pasir
3 sdm tepung maizena

Cara membuat :
  • Panaskan air blueberry dengan gula pasir, masak hingga mendidih.
  • Larutkan tepung maizena dengan sedikit air, masukkan ke dalam air blueberry, aduk terus hingga mengental.
  • Masukkan bluberry, aduk rata, matikan api. 

MINI RAINBOW ROLLCAKE

Assalamualaikum...

Duuuuuh kangen posting disini...dirumah sendiri, gara-gara sok sibuk urusin yang ga jelas-ga jelas :-) Bahan postingan banyaaak sih sebenarnya... tapi kalah sama penyakit malas dan nggak asyik kalau terlalu basi ceritanya, udah agak-agak lupa pula.. Tapi ya sudahlah..sebisanya ditulis disini..siapa tahu bermanfaat bagi yang membacanya..amin.

Kali ini bikin si mungil-mungil nan menggemaskan ini... sudah lama simpan resepnya dikala jadi hits maker di grup-grup kuliner. Tapi baru niat beneran kemarin eksekusinya. Alhamdulillah lancar-lancar saja proses pembuatannya. Biar dikata ketinggalan trend ga apa-apa lah ya, baru bikin ini mini roll cake.. 



Resep saya pakai punya Mbak Sif Oi...yang menjadikan roll cake imut ini kondang di seantero jagat perbakingan nusantara..hehehe.. 

MINI RAINBOW ROLL CAKE

By Sif Oi

Bahan A:
- 300 gr gula pasir 
- 12 kuning telur 
- 8 putih telur 
- 2 sdt sp 

Bahan B, (campur rata semua bahan) :
- 160 gr tepung terigu
- 40 gr tepung maizena 
- 1 sdt vanili 
- 1/2 sdt garam

Bahan C:
200 ml minyak sayur 

Cara Membuat:


1. Siapkan loyang kotak ukuran 22x22x6 cm, olesi bagian dasar loyang dengan minyak goreng, beri alas kertas roti dan oles kertas roti dengan minyak goreng. Untuk bagian tepi atau sisi2 loyang tidak usah diolesi minyak goreng, agar bolu kukus setelah matang tetap menempel di loyang sehingga tidak menyebabkan penyusutan ukuran bolu kukus.


2. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi putih dan kental (soft peak), jika baling2 mixer diangkat keatas adonan tidak mudah jatuh.


3. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga habis tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah.


4. Tuangkan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga adonan benar2 tercampur rata.


5. Bagi adonan menjadi enam bagian dalam mangkok2 kecil, beri pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu sesuai selera.


6. Tuangkan adonan ungu ke loyang, ratakan & kukus selama 10 menit, tuangkan adonan biru, ratakan, kukus lagi, selanjutnya hijau, kuning, orange & merah. Kukus selama 15 menit sampai matang, matikan api, biarkan di kukusan selama 10 menit.


7. Keluarkan dari loyang, potong memanjang setebal kurang lebih 3-4 mm, olesi selai/filling sesuai selera, gulung rapi.


Note :
gulung rollcake pada saat hangat setelah diolesi filling.
memotong cake jangan terlalu tebal, setengah cm maksimal, agar cake tidak pecah pada saat digulung.

 


Untuk filling saya pakai creamcheese frosting sisa bikin red velvet kapan hari yang masih ada di kulkas. Resepnya :

65 gr creamcheese
25 gr unsalted butter
Kocok keduanya sampai lembut, sisihkan.

50gr whip cream bubuk
100 ml air es
Kocok sampai mengembang kaku, masukkan campuran creamcheese, kocok sebentar sampai tercampur rata, siap digunakan.
Bila menggunakan whip cream cair, takaran kurang lebih 150 ml.

Selamat mencoba... :-)