JAPANESE CHEESECAKE

Assalamu'alaikum...

Alhamdulillaah...datang lagi semangat untuk update disini setelah beberapa bulan vakum :-) Semoga besok nggak lama-lama lagi blogging blue-nya.

Langsung saja ya..kali ini saya mau share resep Japanese Cheesecake. Walaupun sudah banyak resep ini seliweran, tapi gak ada salahnya saya share lagi disini...siapa tau pas ada yang jalan kesini pas ada yang butuh :-D
Ini salah satu cake favorit anak-anak saya...secara memang rasanya yang luarbiasa lembut & creamy tapi tidak eneg karena ditambahkan lemon di dalamnya menjadikan komposisi rasanya seimbang di lidah. Kalau mau sensasi yang lebih segar lagi bisa ditambahkan selai buah-buahan seperti blueberry, apricot, jeruk, dll, atau diberi topping buah-buahan segar maupun kalengan.



Saya lumayan sering membuat cake yang satu ini, sudah pernah coba semuanya, mulai yang polos, diberi selai buah (saya paling suka apricot karena rasa asamnya segar) maupun di topping buah-buahan segar. Yang manapun variasinya, kembali ke selera masing-masing, dan pastinya akan tetap enak karena versi polosnya saja sudah luarbiasa enaknya. 



Oke..langsung saja ke resepnya yaa...
Saya cocok menggunakan resep punya Yasaboga ini..diambil dari buku 35 variasi resep-resep cheesecake.

CHEESE CAKE ALA JEPANG

campur & ayak :

50 gr tepung terigu serbaguna (protein sedang)
50 gr tepung maizena

bahan :

  60 gr mentega tawar (unsalted butter)
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream (saya menggunakan 40 gr whipcream bubuk yang dilarutkan        dengan 80 ml air)
    3 kuning telur
    1 butir telur
    2 sdt kulit jeruk lemon parut (parut tipis-tipis saja kulit yang berwarna                  kuning ya...kalau kulit putihnya banyak ikut terparut akan menyebabkan            rasa pahit/getir)
    5 putih telur
 1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
    1 sdt air jeruk lemon

topping :

    2 sdm selai apricot (atau selai buah yang lain)
    2 sdm air


Blueberry Japanese Cheesecake
cara membuat :

  1. Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat celcius.
  2. Campurkan mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. (jika masih bergerindil bisa diblender sebentar agar halus)
  3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
  4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
  5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata perlahan. Selanjutnya tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata.
  6. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie (di tim) kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang berwarna coklat keemasan, keluarkan dari oven. (saya sampai 100 menit, tergantung oven masing-masing. Jika cake telah matang namun permukaan masih putih, bisa dipindah ke rak atas selama kurang lebih 10 menit, atau nyalakan api atas)
  7. Setelah dingin, keluarkan cake dari loyang.
  8. Untuk topping selai : panaskan selai dan air, aduk rata, oleskan ke permukaan cheesecake.


Kelihatannya agak ribet yaa bikinnya? Tapi coba aja, hasilnya sepadan kok dengan sedikit keribetannya ;-) Selamat mencoba !


No comments:

Post a Comment