Pages - Menu

10.9.15

KARIPAP AYAM (CHICKEN CURRY PUFF)

Tidak terbayang sebelumnya saya akan membuat jenis snack ini. Jangankan yang rumit berlapis-lapis, yang polos pun sepertinya saya lebih suka beli jadi. Pernah dulu mencoba bikin sendiri pastel, eh hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Kulitnya tebal, padahal bayanginnya kan yang kulitnya tipis renyah gitu. Sejak saat itu, agak kapok, enggan bikin-bikin beginian sendiri. Lack of self confident tepatnya.


Nah, ini penampakannya. Memang belum rapi lapis-lapisnya, tapi itu masalah skill saja, semakin sering dilatih tentu akan semakin baik. Practice makes perfect, begitu selalu orang bilang. Curry puff, karipap pusing kalau orang Malaysia menyebutnya, atau pastel Malaysia, adalah jajanan sejenis pastel, dengan isian yang mirip ragout, namun dengan rasa bumbu kari yang dominan (ya iyalah namanya aja curry/kari). Ciri khas yang membedakannya lagi dengan pastel biasa adalah tentu saja kulitnya, agak tebal namun dengan rasa gurih renyah khas kulit pastry


Yang membuat saya nekat bikin ini, tak lain dan tak bukan adalah virus beracun dan provokasi yang ditebarkan 'my partners in crime' yang pada doyan baking dan doyan makan (big thanks, fellas!). Padahal sebelumnya, lihat saja juga sudah malas membayangkan bagaimana membuatnya.




So here, I share it to you, siapa tau ada yang mau coba bikin sendiri. Oh iya, ternyata tidak sesulit kelihatannya lho, dan rasanya enaaak sekali. Saya pakai resep Ny. Liem dari bukunya Resep Andalan Pastel & Risoles. Fyi, buku ini sudah saya miliki sejak 2010. Praktek isinya? Yup betul, baru sekali ini! 

Itulah mengapa, terkadang kita perlu sharing dalam suatu grup dengan minat yang sama agar kita termotivasi, agar kita terprovokasi, berani mencoba hal-hal baru yang bahkan sebelumnya tidak kita bayangkan bisa melakukannya. Inilah buktinya, hanya perlu kemauan dan kesungguhan kita bisa mengubah apa yang tadinya menurut kita impossible, menjadi I'm possible. 

Saya sendiri, saya selalu merasa lebih baik setelah mencoba melakukan suatu hal baru, entah itu berhasil atau tidak pada akhirnya. Kalaupun masih belum berhasil, saya akan belajar dari situ, dan paling tidak pengetahuan saya bertambah karena saya sudah pernah melakukannya. Dan kalau berhasil, ya lebih - lebih lagi puasnya. Tapi kalau tidak pernah mencoba? Kita tidak akan pernah tahu apa-apa. Apa yang mau diceritakan? Prosesnya jelas kita tidak bisa cerita karena kita tidak melakukan, apalagi kisah sukses, ya tidak akan pernah ada. 

Eh, melantur ceramah kemana-mana jadinya. Langsung ke resep saja ya. Saya bikin setengah dari resep aslinya dan jadi 20 buah karipap ukuran lumayan besar. 

Chicken Curry Puff (Chicken Curry Pastel)
by Ny. Liem

Bahan Kulit A (adonan air):
250 gr terigu protein sedang (misal : cap segitiga)
47 gr margarin
47 gr mentega putih / shortening 
7 gr gula pasir
1/2 sdt garam
115 gr air (gram ya, bukan ml lho!)

Bahan Kulit B (adonan lemak):
150 gr tepung terigu protein sedang
40 gr mentega putih / shortening
40 gr margarin

Bahan Isi : 
3 sdm minyak sayur untuk menumis
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 buah bawang bombai ukuran sedang
200 gr daging ayam giling/cincang
2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu kecil-kecil, kukus
2 buah wortel ukuran besar, potong dadu kecil-kecil, kukus
segenggam buncis, rajang kecil, kukus (saya pakai baby buncis yang manis itu)
2 sdm bubuk kari (saya pakai Mc Cormick)
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sdt kaldu ayam bubuk/penyedap rasa ayam  
1/2 sdt merica bubuk
1-2 sdm terigu (optional, tambahan saya agar isian agak menggumpal)

Cara Membuat Isi:
1. Cincang bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai. Tumis hingga layu dan harum dengan minyak sayur.
2. Masukkan daging ayam giling, tumis hingga berubah warna, kering, dan matang.
3. Masukkan wortel, kentang, dan buncis yang telah dikukus matang, terigu, aduk rata dengan bumbu-bumbunya (gula, garam, bubuk kari, merica bubuk, kaldu bubuk/penyedap)
4. Masak hingga bumbu meresap dan kering, angkat, sisihkan. 


bahan isian sudah siap


Cara Membuat Kulit :

1. Campur dan aduk semua bahan kulit A sampai rata, uleni ringan, bentuk bulat, sisihkan 15 menit. 

2. Campur dan aduk semua bahan kulit B sampai rata, uleni ringan, bentuk bulat.

3. Bagi adonan kulit A menjadi 4 bagian sama berat. Begitu pula dengan adonan kulit B, bagi 4 sama berat.


4. Gilas bulat pipih masing-masing adonan kulit A, bungkus rapat masing-masing bulatan adonan kulit B dengan masing-masing bulatan pipih adonan kulit A. (saya lupa tidak foto step ini.. intinya adonan kulit B jangan sampai bocor keluar dari pembungkusnya, yaitu adonan kulit A. Usahakan menggilas pipih adonan kulit A hingga diameternya pas untuk membungkus bulatan adonan kulit B, tidak kebesaran dan tidak kekecilan).

5. Setelah adonan kulit B terbungkus rapat dengan adonan kulit A (berbentuk bulatan bola- bola, menghasil kan 4 bulatan) gilas tipis memanjang, lalu gulung.


6. Gilas tipis lagi gulungan tersebut memanjang berlawanan arah dengan gilasan pertama tadi.






7. Gulung lagi, siap dipotong - potong dengan ketebalan kurang lebih 1 cm




8. Gilas tipis melebar bulat irisan, isikan 1 sdm munjung isian, lipat menjadi setengah lingkaran, rekatkan tepinya, plintir tepiannya agar cantik.








9. simpan semalam dalam lemari es, goreng dalam minyak panas keesokan harinya, siap dihidangkan. (saya habis dibentuk langsung digoreng dengan api sedang, minyaknya banyak hingga karipap tenggelam. Jika disimpan di kulkas, pisahkan dengan plastik antar karipap, agar tidak lengket satu sama lain, atau simpan dalam wadah tanpa ditumpuk)




Karipap ini rasanya renyah, gurih meprul dengan isian yang top. Pokoknya enak banget rasa dan teksturnya. Coba bikin yuk!




CINNAMON ROLLS

Konon, gara-gara ada adik seorang artis yang jualan roti ini via instagram dengan harga dan ongkir yang wow aduhai, jadilah si Cinnamon Rolls ini nge-hits banget di seantero anggota group masak & kuliner. Dan mulailah pada berlomba bikin varian roti ini. Ada yang karena penasaran, ada yang merasa harus ikut kekinian, dan ada pula yang seolah ingin membuktikan, 'nih gue juga bisa bikin, ngapain beli mahal-mahal..'


Hehehe..seru kan? Saya pribadi sih tidak terlalu suka varian roti ini yaa... apalagi suami maupun anak - anak. Cinnamon alias kayumanisnya itu..kan tidak semua orang suka memang. Kalau saya bukannya anti kayumanis, tapi varian roti manis memang kurang saya gemari. Lebih suka savoury bread atau roti dengan isian asin. Tapiiii...karena penasaran dan memang lagi keranjingan bikin roti, maka saya menyerah juga pada hasrat. Bikiiinnnn deh, mana jadi 2 loyang pula.. alhamdulillah bisa bagi - bagi setelah nyicip sebiji. 




Cari referensi resep kesana kemari, jatuhlah pilihan pada resep mbak Nikmatul Rosidah. Nyontek videonya di FB, bikinlah saya roti yang lagi kekinian ini. Untuk isiannya saya tambah walnut dan kismis agar lebih mantap. 

Cinnamon Rolls
by Nikmatul Rosidah

Bahan : 
7 gram (2,5 sdt) Saf/fermipan(ragi instan)
250 ml susu hangat
100 gr gula pasir
75 gr butter, cacah dengan garpu agar lembut
1 sdt garam
2 btr telur, kocok lepas
500 tepung protein tinggi (misal : cakra)


Taburan : (campur rata)
75 gr gula palem/brown sugar
2 sdm bubuk kayumanis/cinnamon powder
75 gr walnut cincang (optional)
75 gr kismis (optional)

Creamcheese Icing
(kocok semua bahan dengan mixer hingga lembut & creamy)  
50 g butter
80 g gula halus
60 g creamcheese
1/2 sdt vanilla
1/4 sdt garam



Cara membuat :
1. Aktifkan ragi, caranya larutkan ragi dalam susu hangat, tambahkan sedikit gula, aduk dan tunggu kurang lebih 8 menit sampai ragi berbuih. Jika ragi berbuih artinya ragi masih bagus dan aktif. Jika tidak berbuih, maka ragi sudah tidak aktif (harus diganti raginya dengan yang baru, karena roti tidak akan mengembang jika ragi sudah mati).


2. Aduk dan campur rata tepung, garam, gula, butter dan telur. Masukan cairan ragi aduk sampai tercampur rata (adonan memang agak lembek).


3. setelah tercampur rata seperti foto diatas, pindahkan adonan ke meja kerja bertabur tepung, (telapak tangan juga lumuri dengan tepung agar tidak lengket) uleni selama 8 menit, pastikan telapak tangan kering saat nguleni adonan.
4. Setelah selesai, masukkan kembali adonan ke dalam wadah/baskom lalu tutup rapat dengan plastik atau serbet bersih. Diamkan di suhu yang hangat (lembab) hingga ukurannya menjadi 2 kali lipat. (kurang lebih 45 menit, tergantung kelembaban udara)


5. Setelah mengembang, tinju adonan agar kempis dan bagi menjadi dua sama berat (berat total adonan menjadi kurang lebih 1 kg). Kalau saya, jadi 2 gulungan panjang cinnamon rolls yang siap untuk dipotong-potong. 


6. Pipihkan/gilas adonan dengan rolling pin menjadi persegi panjang. (ini persegi panjang ga beraturan... yaa kurang lebih lah seperti ini)


7. Poles permukaannya dengan butter sampai merata, agar taburan bisa melekat. Campur brown sugar/gula palem dan bubuk kayu manis, lalu taburkan diatas lembaran adonan yang sudah dipoles butter tadi secara merata. (saya tambahkan taburan kismis dan walnut cincang.







8. Gulung adonan yang telah ditaburi isian pelan - pelan dan kencangkan.


9. Tekan tekan pinggirannya agar menempel dengan rapat dan tidak terbuka ketika dipotong dan dipanggang.
10. Potong-potong dengan benang agar rapi, dengan ketebalan 1,5-2 cm.
11. Tata di loyang yang telah dioles margarin, tutup dengan plastik, dan biarkan mengembang hingga 2 kali lipat ukurannya. (permukaannya bisa dipoles dengan campuran kuning telur dan susu cair jika menghendaki, agar hasilnya cantik mengkilap. Saya lupa tidak dioles apapun)


12. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 menit hingga coklat keemasan.
13. Angkat dari oven, oles rata icing di atasnya selagi roti panas, hidangkan.


Naaah...jadi deeeh. Lembuut dan empuk rotinya. Tidak perlu mixer roti, dan tidak lama pula ngulennya. Ribet? Nggak kok, jangan dibayangkan, tapi dipraktekkan saja. Dan rasakan, bahwa memang beda sensasinya makan roti buatan sendiri dengan beli jadi. 


9.9.15

American Donuts

Assalamualaikum,

Apa kabar temans? Semoga senantiasa dalam berkah Allah SWT. Lumayan lama kena blogging blue nih, maafkan yaa baru nongol sekarang. Hmmm marathon nih, banyak laporan yang mesti ditulis. Mulai yang mana dulu ya? 
Okelah, karena masih tetap keranjingan roti - rotian belakangan ini, maka jangan bosan - bosan kalau lihat donat lagi donat lagi. Yes I'm serious. Really love making this kind of ring shaped fried bread. Besides, my children love to eat it much too.

Hobby trial resep donat yang berbeda, now, pilihan jatuh pada yang satu ini. Biasa...dapat resep dari Group FB NCC..di-share oleh Mbak Wiek Jacob.


Donat ini empuuuk banget hasilnya, udah kebayang, karena adonannya memang super lembek.

Ini resepnya : (takarannya pakai cup ya... jadi jangan tanya berapa gram, karena saya tidak menimbang lagi pakai timbangan..hehehe)

American Donut
by Wiek Jacob

Bahan :
2/3 cup susu cair (UHT)
5 sdm unsalted butter (mentega tawar)
1 sdt vanila essens atau l'arome vanila susu
1 pack yeast/ragi instan (10-11 gram)
1/3 cup gula kastor
2 butir telur ukuran besar (kocok lepas)
2+1/2 cup terigu (multipurpose flour/protein sedang) + ekstra untuk menguleni
1 sdt garam (boleh di skip jika menggunakan salted butter/mentega asin)
1 ltr minyak goreng untuk menggoreng donat


Cara membuat :
1. Panaskan susu + butter dan vanilla di dalam panci, angkat, lalu diamkan sampai hangat kuku.
2. Masukkan yeast/ragi dan 1 sdm gula lalu aduk rata, tutup dengan plastic wrap lalu diamkan selama 10 menit.
3. Masukkan telur yang sudah di kocok lepas, lalu aduk rata.
-- proses ini disebut membuat campuran basah --
4. Di wadah terpisah, ayak 2+1/4 cup terigu, garam dan sisa gula kastor, lalu sisihkan. (sisa 1/4 cup terigu dan ekstra terigu digunakan untuk menguleni di tahap 7)
5. Buat lubang di tengah terigu, lalu tuang campuran basah, aduk menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata.
6. Jangan panik, di tahap ini memang adonan akan lembek dan lengket.
7. Siapkan meja kerja yang bersih, lalu taburkan sisa terigu. Tuang adonan keatasnya, lalu uleni selama 10 menit saja (tidak perlu sampai kalis elastis). Tambahkan ekstra terigu jika adonan masih terlalu lembek. Saya sampai 3/4 cup ekstra tepungnya kalau gak salah ingat. Pokoknya pakai feeling juga ya, sampai kira - kira adonan bisa dibentuk dengan mudah, dan jangan terlalu banyak juga nanti kering adonannya, keras deh donatnya.
8. Lalu tutup dengan plastic wrap, dan proofing selama 2 jam. (saya cuma setengah jam, lalu adonan ditimbang @ 40gr dan dibulatkan, proofing lagi setengah jam)
9. Gilas adonan setebal 1cm, lalu cetak dengan ring donat, diamkan selama 15 menit.
10. Panaskan minyak dengan api kecil, gunakan panci yang datar (sistem deep frying). Masukkan beberapa donat dan goreng hanya 2 balikan sampai kuning keemasan.
12. Angkat, tiriskan, dinginkan, taburi gula halus, atau topping sesuai selera, siap di hidangkan.

Note : jika adonan setelah proofing masih terasa lembek, boleh taburkan terigu untuk memudahkan menggiling dan mencetak donatnya.

Nah, selamat mencoba..percaya deh gak sesulit kelihatannya kok ;-)