CINNAMON ROLLS

Konon, gara-gara ada adik seorang artis yang jualan roti ini via instagram dengan harga dan ongkir yang wow aduhai, jadilah si Cinnamon Rolls ini nge-hits banget di seantero anggota group masak & kuliner. Dan mulailah pada berlomba bikin varian roti ini. Ada yang karena penasaran, ada yang merasa harus ikut kekinian, dan ada pula yang seolah ingin membuktikan, 'nih gue juga bisa bikin, ngapain beli mahal-mahal..'


Hehehe..seru kan? Saya pribadi sih tidak terlalu suka varian roti ini yaa... apalagi suami maupun anak - anak. Cinnamon alias kayumanisnya itu..kan tidak semua orang suka memang. Kalau saya bukannya anti kayumanis, tapi varian roti manis memang kurang saya gemari. Lebih suka savoury bread atau roti dengan isian asin. Tapiiii...karena penasaran dan memang lagi keranjingan bikin roti, maka saya menyerah juga pada hasrat. Bikiiinnnn deh, mana jadi 2 loyang pula.. alhamdulillah bisa bagi - bagi setelah nyicip sebiji. 




Cari referensi resep kesana kemari, jatuhlah pilihan pada resep mbak Nikmatul Rosidah. Nyontek videonya di FB, bikinlah saya roti yang lagi kekinian ini. Untuk isiannya saya tambah walnut dan kismis agar lebih mantap. 

Cinnamon Rolls
by Nikmatul Rosidah

Bahan : 
7 gram (2,5 sdt) Saf/fermipan(ragi instan)
250 ml susu hangat
100 gr gula pasir
75 gr butter, cacah dengan garpu agar lembut
1 sdt garam
2 btr telur, kocok lepas
500 tepung protein tinggi (misal : cakra)


Taburan : (campur rata)
75 gr gula palem/brown sugar
2 sdm bubuk kayumanis/cinnamon powder
75 gr walnut cincang (optional)
75 gr kismis (optional)

Creamcheese Icing
(kocok semua bahan dengan mixer hingga lembut & creamy)  
50 g butter
80 g gula halus
60 g creamcheese
1/2 sdt vanilla
1/4 sdt garam



Cara membuat :
1. Aktifkan ragi, caranya larutkan ragi dalam susu hangat, tambahkan sedikit gula, aduk dan tunggu kurang lebih 8 menit sampai ragi berbuih. Jika ragi berbuih artinya ragi masih bagus dan aktif. Jika tidak berbuih, maka ragi sudah tidak aktif (harus diganti raginya dengan yang baru, karena roti tidak akan mengembang jika ragi sudah mati).


2. Aduk dan campur rata tepung, garam, gula, butter dan telur. Masukan cairan ragi aduk sampai tercampur rata (adonan memang agak lembek).


3. setelah tercampur rata seperti foto diatas, pindahkan adonan ke meja kerja bertabur tepung, (telapak tangan juga lumuri dengan tepung agar tidak lengket) uleni selama 8 menit, pastikan telapak tangan kering saat nguleni adonan.
4. Setelah selesai, masukkan kembali adonan ke dalam wadah/baskom lalu tutup rapat dengan plastik atau serbet bersih. Diamkan di suhu yang hangat (lembab) hingga ukurannya menjadi 2 kali lipat. (kurang lebih 45 menit, tergantung kelembaban udara)


5. Setelah mengembang, tinju adonan agar kempis dan bagi menjadi dua sama berat (berat total adonan menjadi kurang lebih 1 kg). Kalau saya, jadi 2 gulungan panjang cinnamon rolls yang siap untuk dipotong-potong. 


6. Pipihkan/gilas adonan dengan rolling pin menjadi persegi panjang. (ini persegi panjang ga beraturan... yaa kurang lebih lah seperti ini)


7. Poles permukaannya dengan butter sampai merata, agar taburan bisa melekat. Campur brown sugar/gula palem dan bubuk kayu manis, lalu taburkan diatas lembaran adonan yang sudah dipoles butter tadi secara merata. (saya tambahkan taburan kismis dan walnut cincang.







8. Gulung adonan yang telah ditaburi isian pelan - pelan dan kencangkan.


9. Tekan tekan pinggirannya agar menempel dengan rapat dan tidak terbuka ketika dipotong dan dipanggang.
10. Potong-potong dengan benang agar rapi, dengan ketebalan 1,5-2 cm.
11. Tata di loyang yang telah dioles margarin, tutup dengan plastik, dan biarkan mengembang hingga 2 kali lipat ukurannya. (permukaannya bisa dipoles dengan campuran kuning telur dan susu cair jika menghendaki, agar hasilnya cantik mengkilap. Saya lupa tidak dioles apapun)


12. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 menit hingga coklat keemasan.
13. Angkat dari oven, oles rata icing di atasnya selagi roti panas, hidangkan.


Naaah...jadi deeeh. Lembuut dan empuk rotinya. Tidak perlu mixer roti, dan tidak lama pula ngulennya. Ribet? Nggak kok, jangan dibayangkan, tapi dipraktekkan saja. Dan rasakan, bahwa memang beda sensasinya makan roti buatan sendiri dengan beli jadi. 


1 comment:

  1. Kami menyediakan jasa SEWA DAN JUAL Tenda seperti:



    *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).


    Tenda Roder senidiri biasa di gunakan sebagai:
    -Tenda vaksinasi
    -Tenda darurat Rumah sakit
    -Posko Pengungsian
    -Tenda Peresmian
    -Tenda Pameran
    -Tenda Gudang, dan masih banyak fungsi lainnya


    Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


    *Tenda Transparan
    Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
    -Acara Wedding
    -Acara pesta
    -Acara pesta malam
    -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.


    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
    biasanya memiliki kegunaan untuk:
    -Bilik desinfektan
    -Event outdor
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara
    -POsko darurat Rumah Sakit
    -Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.
    Tenda kerucut dapat meutup sempurna untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 5x5m, dan 10x10m.



    untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya


    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 081977000899 / 081112300319

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten


    #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDAVAKSINASI #TENDADARURATRUMAH SAKIT #POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #PISKOPENGANAMANANCOVID #RUANGAN DARURAT RUMAH SAKIT
    #TENDAVAKSINASI #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL



    https://www.tendaroderindonesia.com/

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

    https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

    https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

    https://twitter.com/IndonesiaRoder

    https://sites.google.com/d/1pcx7KorOqbjx0NiYnGFSUG5kOkWyCwi
    C/p/1yhTPQJp9thkWKmmxVcD-0m71khRu4_K9/edit

    ReplyDelete