KARIPAP AYAM (CHICKEN CURRY PUFF)

Tidak terbayang sebelumnya saya akan membuat jenis snack ini. Jangankan yang rumit berlapis-lapis, yang polos pun sepertinya saya lebih suka beli jadi. Pernah dulu mencoba bikin sendiri pastel, eh hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Kulitnya tebal, padahal bayanginnya kan yang kulitnya tipis renyah gitu. Sejak saat itu, agak kapok, enggan bikin-bikin beginian sendiri. Lack of self confident tepatnya.


Nah, ini penampakannya. Memang belum rapi lapis-lapisnya, tapi itu masalah skill saja, semakin sering dilatih tentu akan semakin baik. Practice makes perfect, begitu selalu orang bilang. Curry puff, karipap pusing kalau orang Malaysia menyebutnya, atau pastel Malaysia, adalah jajanan sejenis pastel, dengan isian yang mirip ragout, namun dengan rasa bumbu kari yang dominan (ya iyalah namanya aja curry/kari). Ciri khas yang membedakannya lagi dengan pastel biasa adalah tentu saja kulitnya, agak tebal namun dengan rasa gurih renyah khas kulit pastry


Yang membuat saya nekat bikin ini, tak lain dan tak bukan adalah virus beracun dan provokasi yang ditebarkan 'my partners in crime' yang pada doyan baking dan doyan makan (big thanks, fellas!). Padahal sebelumnya, lihat saja juga sudah malas membayangkan bagaimana membuatnya.




So here, I share it to you, siapa tau ada yang mau coba bikin sendiri. Oh iya, ternyata tidak sesulit kelihatannya lho, dan rasanya enaaak sekali. Saya pakai resep Ny. Liem dari bukunya Resep Andalan Pastel & Risoles. Fyi, buku ini sudah saya miliki sejak 2010. Praktek isinya? Yup betul, baru sekali ini! 

Itulah mengapa, terkadang kita perlu sharing dalam suatu grup dengan minat yang sama agar kita termotivasi, agar kita terprovokasi, berani mencoba hal-hal baru yang bahkan sebelumnya tidak kita bayangkan bisa melakukannya. Inilah buktinya, hanya perlu kemauan dan kesungguhan kita bisa mengubah apa yang tadinya menurut kita impossible, menjadi I'm possible. 

Saya sendiri, saya selalu merasa lebih baik setelah mencoba melakukan suatu hal baru, entah itu berhasil atau tidak pada akhirnya. Kalaupun masih belum berhasil, saya akan belajar dari situ, dan paling tidak pengetahuan saya bertambah karena saya sudah pernah melakukannya. Dan kalau berhasil, ya lebih - lebih lagi puasnya. Tapi kalau tidak pernah mencoba? Kita tidak akan pernah tahu apa-apa. Apa yang mau diceritakan? Prosesnya jelas kita tidak bisa cerita karena kita tidak melakukan, apalagi kisah sukses, ya tidak akan pernah ada. 

Eh, melantur ceramah kemana-mana jadinya. Langsung ke resep saja ya. Saya bikin setengah dari resep aslinya dan jadi 20 buah karipap ukuran lumayan besar. 

Chicken Curry Puff (Chicken Curry Pastel)
by Ny. Liem

Bahan Kulit A (adonan air):
250 gr terigu protein sedang (misal : cap segitiga)
47 gr margarin
47 gr mentega putih / shortening 
7 gr gula pasir
1/2 sdt garam
115 gr air (gram ya, bukan ml lho!)

Bahan Kulit B (adonan lemak):
150 gr tepung terigu protein sedang
40 gr mentega putih / shortening
40 gr margarin

Bahan Isi : 
3 sdm minyak sayur untuk menumis
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 buah bawang bombai ukuran sedang
200 gr daging ayam giling/cincang
2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu kecil-kecil, kukus
2 buah wortel ukuran besar, potong dadu kecil-kecil, kukus
segenggam buncis, rajang kecil, kukus (saya pakai baby buncis yang manis itu)
2 sdm bubuk kari (saya pakai Mc Cormick)
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sdt kaldu ayam bubuk/penyedap rasa ayam  
1/2 sdt merica bubuk
1-2 sdm terigu (optional, tambahan saya agar isian agak menggumpal)

Cara Membuat Isi:
1. Cincang bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai. Tumis hingga layu dan harum dengan minyak sayur.
2. Masukkan daging ayam giling, tumis hingga berubah warna, kering, dan matang.
3. Masukkan wortel, kentang, dan buncis yang telah dikukus matang, terigu, aduk rata dengan bumbu-bumbunya (gula, garam, bubuk kari, merica bubuk, kaldu bubuk/penyedap)
4. Masak hingga bumbu meresap dan kering, angkat, sisihkan. 


bahan isian sudah siap


Cara Membuat Kulit :

1. Campur dan aduk semua bahan kulit A sampai rata, uleni ringan, bentuk bulat, sisihkan 15 menit. 

2. Campur dan aduk semua bahan kulit B sampai rata, uleni ringan, bentuk bulat.

3. Bagi adonan kulit A menjadi 4 bagian sama berat. Begitu pula dengan adonan kulit B, bagi 4 sama berat.


4. Gilas bulat pipih masing-masing adonan kulit A, bungkus rapat masing-masing bulatan adonan kulit B dengan masing-masing bulatan pipih adonan kulit A. (saya lupa tidak foto step ini.. intinya adonan kulit B jangan sampai bocor keluar dari pembungkusnya, yaitu adonan kulit A. Usahakan menggilas pipih adonan kulit A hingga diameternya pas untuk membungkus bulatan adonan kulit B, tidak kebesaran dan tidak kekecilan).

5. Setelah adonan kulit B terbungkus rapat dengan adonan kulit A (berbentuk bulatan bola- bola, menghasil kan 4 bulatan) gilas tipis memanjang, lalu gulung.


6. Gilas tipis lagi gulungan tersebut memanjang berlawanan arah dengan gilasan pertama tadi.






7. Gulung lagi, siap dipotong - potong dengan ketebalan kurang lebih 1 cm




8. Gilas tipis melebar bulat irisan, isikan 1 sdm munjung isian, lipat menjadi setengah lingkaran, rekatkan tepinya, plintir tepiannya agar cantik.








9. simpan semalam dalam lemari es, goreng dalam minyak panas keesokan harinya, siap dihidangkan. (saya habis dibentuk langsung digoreng dengan api sedang, minyaknya banyak hingga karipap tenggelam. Jika disimpan di kulkas, pisahkan dengan plastik antar karipap, agar tidak lengket satu sama lain, atau simpan dalam wadah tanpa ditumpuk)




Karipap ini rasanya renyah, gurih meprul dengan isian yang top. Pokoknya enak banget rasa dan teksturnya. Coba bikin yuk!




2 comments:

  1. Mba Rosi, plis coment aku di resep Lapis Surabaya diblas mba,... aku mau tanya mencampur margarin dan mentega sampai lembut itu kira2 brpa lama waktunya ?
    dan tanya apa ga pakai baking powder ? mkasii mba...

    ReplyDelete
  2. Thx mb...aku eksekusi bsk....

    ReplyDelete