SMOKED BEEF AND CHEESE BUNS

Assalamualaikum,

Setelah seminggu lebih kena baking blue, dan blogging blue parah yang tak kunjung hilang, pagi ini memaksakan diri untuk menulis apa yang sudah diutak-atik kemarin di dapur. Lumayan banyak sebenarnya, tapi kok ya terlalu malas untuk menuliskannya disini. Alhasil, ini blog isinya segini-segini saja. Semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan.




Lama tidak ngadon roti, dua hari kemarin lumayan, bikin donat komachi dan roti ini. Hanya saja donatnya sudah keburu habis diserbu selain juga jadinya sudah terlalu petang untuk difoto. So, next kalau bikin lagi saja di-post disini. Karena posting tanpa foto tidak mungkin, nggak asyik, dan bisa dianggap hoax.. hihi.

Untuk roti/buns kali ini, resep saya adaptasi dari buku seri masak sedap (yang seperti biasa, sudah cukup lama saya miliki) dengan judul '52 Resep roti untuk berbagai kesempatan'. Judul resep aslinya sih cheese and garlic bread, hanya saja saya tambahkan daging asap, jadi ya ganti saja namanya supaya lebih cocok. 




Berikut ini resepnya, rotinya sangat lembut dan empuk. Apalagi saya pakai tepung komachi karena kebetulan masih punya stok 1,5 kg di rumah. Daripada keburu berulat, lebih baik segera dimanfaatkan.




Smoked Beef & Cheese Buns
adapted by Rosy Indriati from Sedap Book

Bahan :
350 gr tepung terigu Jepang komachi 
* resep asli pakai terigu protein tinggi (misal : merk cakra)
100 gr tepung terigu protein sedang (misal : segitiga biru)
75 gr gula pasir
1,5 sdt ragi instan / 6 gr (misal : fermipan, saf instan)
1 btr telur utuh
1 kuning telur
200 ml susu cair dingin 
* resep asli 175 ml (saya tambahkan karena saya pakai tepung komachi, jika menggunakan terigu cakra, cukup ikuti resep asli)
75 gr margarin
1 sdt garam

Bahan olesan, aduk rata :
100 gr mentega tawar, lelehkan
8 siung bawang putih, cincang halus (saya pakai 1,5 sdt garlic powder)
1/2 sdm daun peterseli, cincang halus (saya pakai daun seledri)

Bahan isian, aduk rata :
5 batang daun bawang kecil, rajang halus
9 lembar smoked cheese, potong kotak-kotak kecil
300 gr keju mozarella, parut kasar (saya pakai keju quickmelt, hasil akhir kurang meleleh)
5 lembar smoked beef, matangkan dengan sedikit margarin di atas teflon, potong kotak kecil-kecil (di resep asli tidak menggunakan, bisa ditiadakan jika hanya ingin membuat garlic & cheese bread)




Cara Membuat :
  1. Buns, campur dan aduk rata tepung komachi/terigu, gula pasir, dan ragi instan. Masukkan telur, uleni rata, tambahkan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil terus diulen hingga kalis.
  2. Masukkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis, bentuk bulat adonan, tutup dengan plastic wrap atau serbet lembab, istirahatkan 30 menit atau sampai adonan mengembang 2x lipatnya.
  3. Kempiskan adonan, bagi-bagi adonan, timbang masing-masing 40 gr, bentuk bulatan-bulatan, diamkan 10 menitan.
  4. Pipihkan bulatan-bulatan dengan rolling pin/penggilas agar udara keluar, bentuk bulatan lagi, diamkan selama 75 menit hingga adonan mengembang.
  5. Oven dengan api bawah 190 derajat celcius selama 12 menit, dinginkan. (saya cuma 9 menit sudah berwarna kecoklatan permukaannya. Hati-hati jangan terlalu gosong, lama panggang menyesuaikan dengan oven masing - masing, karena roti masih akan dipanggang kembali untuk melelehkan keju setelah diisi. Jika pemanggangan pertama sudah terlalu cokelat, maka hasil akhir pemanggan kedua akan semakin gelap)
  6. Potong - potong roti berbentuk 2 garis vertikal dan 2 garis horizontal berpotongan tidak putus. (jangan terlalu rapat garis sayatannya, agar lebih mudah mengisinya)
  7. Isikan bahan isian disela-sela potongan, olesi permukaannya dengan bahan olesan. 
  8. Oven kembali dengan api bawah 170 derajat celcius selama 8 menit hingga keju meleleh.
  9. Agar lebih mengkilap, olesi lagi permukaannya dengan sisa bahan olesan.




Resep ini menghasilkan 23 roti yang empuuuk lembut di dalam dan agak garing crunchy diluar dengan rasa asin gurih ala garlic bread di resto-resto pizza itu. Mantap disantap dengan saus tomat pedas.




Selamat mencoba ;-)




No comments:

Post a Comment