MACARONI SCHOOTEL (MAKUTEL)

Assalamualaikum,

Mohon maaf ya, baru bisa update sekarang... PR banyak sekali belakangan ini. Semoga tidak mengecewakan, mulai deh bayar hutang satu per satu. Dimulai dengan yang ini.. 




Bermula dari menumpuknya stok daging di kulkas pasca Idul Adha kemarin, jadi harus kreatif mau diolah apa saja itu daging.. kalau dibikin masakan seperti rawon, soto, krengsengan, tongseng, dan sejenisnya anak-anak kurang suka, karena masih kelihatan potongan dagingnya besar-besar gitu. Maka, harus diolah sedemikian rupa supaya tidak sadar kalau sedang makan daging (pingsan kali) misalnya dimasukin di perkedel kentang, dibikin topping pizza, dibuat isian roti, saus bolognaise, dsb. baru mereka doyan. 




So, kemarin itu borong aneka rupa pasta, seperti spaghetti, macaroni, dan lasagna. Spaghetti sudah dibuat kemarin, (tidak perlu saya posting lagi ya, sudah pernah ada disini), nah sekarang waktunya bikin makutel alias macaroni schootel

Untuk resep, seperti biasa...searching yang kira-kira cocok dan bahannya ada. Dan baru ingat nyimpen buku seri masak Primarasa jamuan siang hari "Piknik Asyik" (entah dari tahun kapan dan belum pernah dipraktekkan satupun). Alhamdulillah bukunya ketemu dan benar saja, ada resep makutel di situ. Resep saya modifikasi sedikit ya...supaya hasilnya lebih maksimal dari yang sudah saya praktekkan. Dan percaya deh, gampang kok membuatnya. Enaaak pula!




Macaroni Schootel 

Modified from Primarasa 'Piknik Asyik'

Bahan :

200 gr macaroni elbow (yang biasa bentuknya, lengkung kayak koma itu)
air mendidih secukupnya
3 sdm margarin
100 gr bawang bombai cincang
150 gr daging sapi cincang yang sudah ditumis kering dengan sedikit bawang putih dan garam (150 gr adalah berat jadi setelah ditumis kering ya) atau bisa juga diganti daging ayam jika tidak suka daging sapi
150 gr wortel, iris dadu kecil-kecil
daun peterseli cincang secukupnya 
3/4 sdt garam (bisa disesuaikan lagi menurut selera)
3/4 sdt merica bubuk
3/4 sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir
100 ml krim kental (misal : anchor, elle vire, greenfields)
400 ml susu cair (bisa fresh milk atau UHT)
4 butir telur, kocok lepas
200 gr keju cheddar parut
50 gr margarin untuk olesan cup/loyang
Saus tomat (atau yang pedas) untuk pelengkap




Cara membuat :
  1. Rebus macaroni dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit hingga lunak, angkat, tiriskan.
  2. Panaskan margarin dalam wajan, tumis bawang bombai hingga harum, masukkan daging cincang, wortel, garam, merica, pala, dan gula, aduk hingga semua bahan matang, angkat.
  3. Panaskan oven pada suhu 190 derajat celcius.
  4. Siapkan wadah mangkuk besar, masukkan campuran tumisan daging wortel dan macaroni rebus, masukkan krim kental, susu, telur kocok, dan 1/2 bagian keju parut, aduk rata.
  5. Tuangkan campuran adonan ke dalam cup aluminium kecil-kecil atau pinggan tahan panas (semacam pyrex) yang telah dioles margarin sebelumnya.
  6. Masukkan ke dalam oven, panggang selama 20 menit, keluarkan dari oven, taburi permukaannya dengan sisa keju cheddar parut.
  7. Panggang kembali selama kurang lebih 15 menit hingga seluruh bahan kesat matang dan berwarna keemasan.
  8. Sajikan beserta sambal/saus tomat sebagai pelengkap.





 Jadi deeeh...selamat mencoba!



No comments:

Post a Comment