Lapis Surabaya Ekonomis


Cake ini aku buat untuk bingkisan adik sepupuku yang merayakan tasyakuran pernikahannya. Searching sana - sini, akhirnya jatuh pilihanku pada Lapis Surabaya Ekonomis ini, karena dahulu kalaaa sudah pernah bikin yang versi original pakai 30 kuning telur itu..:)) Maka kali ini supaya nggak terlalu berat, coba-coba yang versi ekonomis..secara aku juga lebih sreg tekstur cake yang agak - agak spongy daripada yang padat mengenyangkan.

Aku ambil resepnya dari blog Cici Nien Ing (Umek di Dapur). Ijin share resepnya ya Ciciii.....

Lapis Surabaya Ekonomis
Sumber : Buku "Cake Ekonomis" karangan Ambarini 
Modified by Nien Ing
Bahan
(kalau aku bikinnya 3 kali resep dibawah ini ya, karena menggunakan loyang 26 x 26 cm. Jadi yang 2 resep untuk lapisan kuning, satu lagi lapisan coklatnya) 
6 btr telur
150 g gula pasir
175 g terigu kunci
30 g TBM/SP
3 sdm susu bubuk
75 ml susu cair
1/2 sdt vanili bubuk
150 g mentega cair
1 sdm coklat pasta
butter cream (aku pakai selai strawberry untuk filling-nya)
Cara membuat :

1. Siapkan 3 bh loyang ukuran 10x30x3cm yang sudah dialasi kertas roti & dioles margarin
2. Kocok telur, gula, terigu, SP,  susu bubuk & susu cair hingga kental berjejak
3. Masukkan mentega cair, aduk rata. 
4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masukkan adonan kuning ke dalam 2 buah loyang, sisanya diberi coklat pasta.

5. Panggang dalam oven suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit hingga kecoklatan. Angkat & dinginkan.
6. Susun cake dengan urutan kuning - coklat - kuning, olesi permukaannya dengan selai strawberry untuk merekatkan lapisan satu sama lain.
7. buat adonan chocolate ganache*, siramkan di atas permukaan cake hingga tertutup rata, kemudian masukkan ke dalam lemari es hingga set, dan potong / rapikan tepi - tepinya.
Chocolate Ganache :
80 gr whip cream cair
120 gr dark cooking chocolate, cincang kecil
4 sdm unsalted butter dicairkan
Panaskan whip cream cair/fresh cream jangan sampai mendidih, cukup hingga panas dan berbuih saja pinggirannya, matikan api. Masukkan cokelat cincang, biarkan hingga meleleh dan diaduk - aduk, masukkan mentega cair, aduk sampai rata dan licin tidak ada coklat yang bergerindil. Ganache siap dipakai.
Aku pakai loyang 26 cm jadinya agak ketebalan untuk masing - masing lapisan... harusnya sih kalau loyang ukuran 26 x 26 cm dua kali resep diatas dibagi 3 pas kali ya tebalnya... Ini dia penampakannya :
Heehhehe,  mantap kan...... Teksturnya memang lebih spongy dan soft.. Semoga kebayang yah? Yang pengen banget tapi ogah rempong membuatnya, bisa order aku aja yaaa..:))

1 comment:

  1. Mba mau tanya, berarti 3 resep diatas untuk 1 loyang ukuran 26cm kah? Atau 3 resep untuk 3 loyang ukuran 26cm. Terima kasih. Salam kenal ya mba.

    ReplyDelete