Polkadot Custard Pudding

Melihat penampakan puding ini di blog Kak Azlita Aziz, sudah jatuh hati pada pandangan pertama. Pas lagi punya semua bahannya juga sih di dapur. Pakai tepung custard sebagai salah satu bahannya, sudah terbayang lembutnya tekstur puding ini.Oh ya, bagi yang belum tau apa itu tepung custard, adalah tepung yg dibuat dari campuran tepung kentang (atau maizena), gula, susu dan kuning telur dan bahan pengental lainnya. Biasa berbentuk bubuk halus berwarna kekuningan. Dijual dalam kemasan box atau kaleng. Penggunaannya yang umum adalah untuk membuat vla, atau puding. Tepung ini bisa diperoleh di toko - toko bahan kue.


Yang membuat penasaran untuk bikin puding ini adalah dot-nya. pertama - tama aku pikir itu dibuat dengan sendok buah yang setengah lingkaran untuk membuat cocktail itu loh.. tetapi ternyata ada cetakan puding bulat-bulat sebesar kelereng itu, yang berbentuk telur puyuh pun ada. (aku sedang malas bongkar - bongkar perabotan untuk memotretnya dan dipajang disini.. jadi silahkan dibayangkan saja ya... hiihihi).

Okeh, inilah penampakannya pada saat pertama kali bikin, dan pada saat aku membuatnya atas pesanan teman, Mbak Indah. Seneng banget waktu bilang pudingnya enaaaakkk :))




Sorry, fotonya seadanya. Itu darurat shot pakai kamera hp. Difoto buru-buru waktu subuh pake pencahayaan lampu di ruang tamu, sebelum diambil pemesannya. #makanya enggak banget ya hasilnya, flat abis :(( 

Baiklah, bagi yang ingin mencoba, ini resepnya, dari Blog Masam-manis-nya Azlita Aziz. Sedikit ribet, tapi terbayar lunas saat melihat hasilnya..

Polkadot Custard Pudding (namanya kumodifikasi sedikit)

Bahan untuk dot 
300 ml air
200 ml susu cair
125 gr gula pasir
2 sdm serbuk coklat
1 sdm serbuk agar-agar 

Bahan untuk custard pudding
500 ml air
400 ml susu cair / susu segar
250 gr gula pasir
10 gr serbuk agar-agar 
1 1/2 sdm tepung custard - dilarutkan dengan 3 sdm air 

Cara Membuat :

Untuk agar-agar dot
Masak air, susu dan gula pasir hingga mendidih. 
Masukkan serbuk coklat dan aduk rata. 
Masukkan pula serbuk agar-agar dan masak hingga mendidih.
Tuang agar-agar ke dalam cetakan bulat - bulat dan dinginkan. 
Jika tidak memiliki cetakan bulat - bulat, tuang saja ke dalam loyang persegi, potong dalam bentuk dadu jika telah dingin dan beku. 
Sisihkan.
 
Untuk custard 
Masak air, susu dan gula hingga mendidih. 
Masukkan larutan tepung custard dan kacau aduk hingga rata.
Masukkan pula serbuk agar-agar dan masak hingga mendidih dan kental.
Tuang larutan tepung custard ke dalam loyang lain (bukan dalam loyang agar-agar tadi) dan masukkan pula agar-agar yang dipotong dadu/dicetak bulat - bulat tadi. 
Dinginkan hingga mengeras.


No comments:

Post a Comment