Opera Cake

Assalamualaikum, jumpa lagi dengan saya disini, di blog yang jarang sekali di-update karena kemalasan pemiliknya yang luar biasa.. #bangga gituh :-D
Bukannya tidak ada kegiatan baking samasekali ya, lumayan banyak sih...tapi ya gitu deh, malas ribet dokumentasinya.. So, dengan mengumpulkan segenap tekad yang ada, here I am.

Now, I want to share you one of my project, Opera CakeOpera cake adalah salah satu tipe cake dari Perancis. Terdiri dari lapisan almond sponge cake (dikenal sebagai Joconde di Perancis) yang dibasahi dengan sirup kopi, dilapisi dengan chocolate ganache and buttercream kopi, dan ditutup permukaannya dengan siraman coklat cair. Cake ini dipopulerkan oleh toko kue Dalloyau di Perancis. Melihat komposisinya, sudah kebayang ya bagaimana citarasanya...:))

Sebenarnya sudah lama sekali ingin membuat cake ini, tapi sudah keder duluan, it seems need a so expert skills. Besides, termasuk high cost cakes, think twice before make it because if it fails, i'll cry a thousand miles #lebay.


Berulang kali membaca berbagai macam versi resepnya, jatuh pilihanku pada resep Mbak Ricke yang kelihatannya meyakinkan. Setelah dicermati, yakin bisa membuatnya, mulai deh menawarkan cake ini untuk dipesan di perayaan momen spesial. 
Finally, I got it. Ada pesanan cake untuk ultah teman di kantor, dan setuju ketika aku tawarkan untuk membuat cake ini. Dengan kesabaran, kehati-hatian dan tingkat deg - degan yang tinggi, akhirnya jadi juga, by my hand!! 




Inilah penampakannya, secara rasa dan tekstur memang luarbiasa.. For the first time, I think I did it well. Tekstur cake-nya lembut, tidak sekering yang kubayangkan walaupun ada sensasi kasar si almond bubuk. Hanya saja, penampilannya memang kurang 'sexy' di layernya.. #makanya fotonya gak dilihatin sampingnya..hehe. Layerku terlalu lebar, kurang tipis-tipis, dan aku memotongnya nggak rata ketebalannya..jadi ya kayak sponge cake biasa aja #hiks.. 
Padahal 'trade mark'-nya opera itu ya di lapisan - lapisan tipis cake-nya yang terekspos #kalau menurutku sih. Tapi masih bersyukur, permukaan atasnya lumayan rata. 
But, there's always a thing to learn at first time kan? Next time must be better, I'll buy a cake leveller then. It's a must if you want your cake levelled at the same thickness easily.

So, do you want to chalenge yourself? Just click here to get the recipe http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2013/02/a-very-late-post-opera-cake-on-abis.html
Happy baking then, and thank you to Mbak Ricke for sharing such a great recipe. You're inspiring me so much, nice to learn from you :)



No comments:

Post a Comment