BOLU KUKUS PUTIH TELUR

Assalamualaikum..

Jangan bosan baca ya..kalau lagi rajin update begini. Sayang kalau tiap hari nguprek di dapur tapi tidak didokumentasikan. Jadi, mari ketak - ketik lagi..
Kali ini bukan resep yang istimewa sih, resep biasa saja yang super mudah membuatnya dan juga dalam rangka memanfaatkan putih telur di kulkas yang tak kunjung habis.. :-)




Buka - buka koleksi buku resep, olalaaa..ternyata banyak ya..resep - resep mudah yang menggunakan putih telur (beginilah kalau hobi ngumpulin buku saja tapi males baca). Karena gas oven lagi habis, bukan alasan untuk berdiam diri hari ini, bisa pakai mertode kukus kan? Pilih - pilih, akhirnya diputuskan untuk membuat Bolu Kukus Putih Telur ini.
Resep aslinya sih berjudul Tutty Fruity dari buku Resep Andalan Variasi Brownies Kukus Ny. Liem. Tapi mau bilang resep brownies kukus kok ya gak tega nulisnya..ya sudahlah, ini kan bolu kukus..or..whatever you named it.




Tadinya sih mau bikin 1 model aja..yang layer warna kuning, coklat, hijau, pink. Eeeh lha kok nurutin resep dan ukuran loyang yang tertera malah sisa 1/4 adonan.. Agak ngaco juga ni resep, padahal pas liat adonan sebelum dikukus dah ragu..kok banyak banget. Sempat mau ganti loyang, tapi ga jadi. Akhirnya nekat ngukus daaan....jadilah si layer cuma 3 warna, sisanya gak muat terus dicetakin pakai cetakan mawar yang baru dapat hadiah menang sayembara kemaren..hehehe.




Ok, here's the recipe... Untuk loyang brownies 30x10x6 cm pas kalau pakai 3/4 resep aslinya. Ini sudah saya sesuaikan agar pas dengan ukuran loyang diatas.

BOLU KUKUS PUTIH TELUR (TUTTY FRUITY)
by Ny. Liem

Bahan I :

450 ml putih telur
210 gr gula pasir
1/2 sdt garam
10 gr cake emulsifier (misal sp, ovalet, tbm, dll)
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan II : (campur & ayak)

225 gr tepung terigu protein rendah (misal : cap kunci biru)
1/2 sdt baking powder

Bahan III : (campur)

55 gr margarin, cairkan
1 sdt essens tutty fruity (saya skip)

Bahan IV :

Pewarna kuning (saya pakai pasta durian 1 sdt) 
Pewarna hijau (saya pakai pasta pandan 1 sdt)
Pewarna coklat (saya pakai pasta cokelat 1 sdt)
Pewarna merah (saya pakai pasta strawberry 1 sdt)

Cara Membuat :
  1. Bahan I : Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Tambahkan garam, cake emulsifier, dan vanili, kocok kembali hingga mengembang dan kental.
  2. Masukkan Bahan II sedikit demi sedikit, kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga rata.
  3. Tuang Bahan III, aduk balik perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  4. Bagi 4 adonan, masing - masing beri warna sesuai selera (Bahan IV).
  5. Siapkan loyang ukuran 30x10x6 cm yang telah dioles minyak dan dialasi kertas roti.
  6. Tuang 1 bagian adonan yang telah diwarnai ke dalam loyang, ratakan. Kukus ke dalam panci pengukus yang telah mendidih airnya selama 15 menit hingga matang.
  7. Angkat loyang dari kukusan, tuang lagi 1 bagian adonan, ratakan, kukus 15 menit. Lakukan hal yang sama dengan 2 bagian adonan sisanya.
  8. Angkat & dinginkan, potong-potong, sajikan.

Naaah...mudah sekali kan membuatnya? Untuk bentuk/modelnya bisa disesuaikan dengan kreasi masing-masing yaa..

Happy steaming!!

No comments:

Post a Comment