MEAT CORN PIZZA

Assalamualaikum..

Karena sudah janji mau update resep ini malam ini, maka saya memenuhinya. (biasanya sih malas, ntar - ntar melulu)
Hmmm.. pizza ya.. sebenarnya ini baru kali ketiga saya bikin. Yang pertama saya bikin beberapa bulan yang lalu.. pizza tuna mayo pedas kalau ga salah..pake resep Teh Ricke Ordinary Kitchen.. (jadi mikir dimana saya simpan foto-fotonya waktu itu..belum di upload juga disini ya.. dasar pemalas..hihi).

Naaah yang kedua bikin itu ya sama dengan yang ini, tapi tanpa jagung topping-nya. Itu belum seminggu yang lalu. Karena saya sendiri surprised sama hasilnya, maka hari ini bikin lagi. Sayang soalnya kalau percobaan sukses gitu terus gak di - update disini. Masalahnya kemarin bikinnya malam-malam dan ngga sempat ambil foto banyak (kurang sreg juga kalau foto malam-malam musti pake lampu..jadilah itu obyek flat kurang berdimensi..)



Baiklah...kali ini saya pakai resep Mr. Manfred Lange, beliau adalah seorang Master Baker dan Master Confectioner yang telah 48 tahun berkecimpung di bidang pembuatan roti, pastry, cake, cokelat, dan sejenisnya, banyak menerima penghargaan untuk keahliannya, dan beberapa waktu menjadi pengajar/konsultan di Bogasari Baking Center. Bukunya sih sudah beberapa waktu yang lalu belinya...ada kali setahun lebih, tapi baru satu resep pizza kali ini yang dipraktekkan. 

Asal tau saja, kemarin - kemarin tidak terbayangkan saya bisa buat rerotian...tapi sebenarnya tertarik belajar, makanya buku-buku keren per - roti - an sudah di keep.. tapi ya itu, hanya Allah saja yang tahu kapan resep-resep di dalamnya akan dipraktekkan. Nah, belakangan sepertinya lagi kena bread fever...so it seems that I will try more from these books.




Sebelum membuat crust - nya, buat dulu topping-nya yaa.. bikin crust-nya gak lama soalnya...dan gampang banget kok ;-)

Topping :
 
1 buah jagung manis, serut/pipil, kukus sampai matang 
(boleh juga pakai jagung manis kalengan yang ditiriskan...saya cari yang gampang dapetnya aja di tukang sayur..dan lebih murah tentunya ;-))

tumis 3 siung bawang putih cincang, 1/2 buah bawang bombay cincang, 1/2 sdt kecap asin, 2 sdm saus teriyaki, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula, 1/2 sdt merica dengan 2 sdm olive oil (boleh pakai minyak goreng biasa) sampai harum, masukkan 250 gr daging sapi cincang/giling, tumis sampai daging masak dan air habis (kesat).
*untuk tumisan daging ini bisa diolah sesuai selera yaa.. bumbunya juga bebas. Saya main campur aja soalnya, ngasal pakai saus teriyaki segala.. tapi enak lho ternyata..hehehe

Paprika merah, kuning, hijau, diiris tipis

Bawang bombay diiris bulat - bulat tipis

200 gr keju mozarella parut

Saus tomat

Rebus 5 buah tomat, setelah matang, buang kulitnya, blender halus (tidak perlu pakai air lagi ya blendernya..sudah berair banyak soalnya)

Tumis 2 siung bawang putih cincang dengan 2 sdm olive oil (boleh pakai minyak goreng biasa kalau tidak ada) hingga harum, masukkan tomat rebus yang sudah diblender, tambahkan 1 sdt oregano, 1/2 sdm gula pasir, 1/4 sdt garam, dan 2 sdm saus tomat botolan/pasta tomat. Masak hingga saus mengental dan konsistensi mirip dengan saus botolan, bisa dioles, dan tidak akan meleber kemana-mana nantinya. Jika sudah kental, saus siap digunakan. 

Saus tomat masih baru direbus...masih encer kan ya..

Yang ini sudah mulai mengental, dengan taburan oregano-nya

Nah, yang ini sudah kental, siap digunakan

Sebenarnya kalau mau praktis bisa juga sih memakai saus bolognaise atau saus tomat botolan yang sudah jadi, tapi tetap beda citarasanya. Membuat sendiri saus ini akan terasa lebih kaya rasa....ada rasa asam yang segar karena penggunaan buah tomat asli.

Topping dan saus sudah siap, sekarang mari bikin crust - nya. Resepnya saya adaptasi dari buku 'Roti - Teori & Resep Internasional' oleh Manfred Lange & Bogasari Baking Center. Saya sesuaikan kuantitas bahan dalam resep, sehingga pas untuk pizza loyang 30 cm yaa.. Bagi yang mau menambah ketebalan crust-nya boleh disesuaikan.

Bahan :

250 gr tepung terigu protein tinggi
5 gr garam
4 gr ragi instan
8 gr susu bubuk
1 gr bread improver (boleh di-skip jika tidak ada)
20 ml minyak goreng (saya pakai olive oil)
150 ml air (pakai air es lebih bagus)

Cara Membuat :

Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, bread improver, minyak, dan air (bisa ditambahkan sedikit - sedikit untuk memastikan adonan tidak terlalu lembek) dalam wadah, mikser dengan kecepatan sedang hingga adonan setengah kalis, masukkan garam, mikser lagi hingga kalis (kurang lebih 8 menit). Bisa juga diuleni secara manual. (kalau mau kalis elastis lebih bagus yaa...tapi crust pizza sepertinya tidak perlu elastis sangat).

Bulatkan adonan, taruh dalam baskom dan tutup dengan plastic wrap, diamkan selama 15 menitan.



Gilas adonan hingga pipih berbentuk lingkaran dengan diameter 30 cm, atau bisa dilebihkan kalau ingin membuat pinggiran pizza tinggi. Kelebihan ini nanti bisa dilipat di sepanjang pinggiran crust.







Taruh lembaran adonan di loyang, ratakan/stretch dengan rolling pin kecil atau menggunakan tangan, agar loyang tertutup rata dengan adonan hingga ke tepinya. Kemudian tusuk - tusuk dengan garpu, diamkan lagi selama 10 menit.




Olesi permukaan adonan dengan minyak goreng/olive oil, oleskan saus secara merata. Taburi 1/2 bagian keju mozarella parut, ratakan. Taburkan daging cincang, jagung pipil, paprika dan bawang bombay, terakhir tutup dengan 1/2 bagian keju mozarella parut yang tersisa.













Panggang dalam oven dengan suhu 230 derajat celcius selama 12-15 menit hingga matang kecoklatan. 




Siap disantap, enak dinikmati selagi hangat tentunya ;-)

Mudah kok, tidak seribet kelihatannya. Silahkan dicoba, dan pasti bakalan menyesal kenapa gak dari dulu coba buat pizza sendiri...hehehehe..

6 comments:

  1. Thanks for sharing , mb Rosy 😊

    ReplyDelete
  2. Makasiih mbak resepnya...segera dicoba hehe

    ReplyDelete
  3. Hemmm kebayang lezatnya....dah punya loyang pizza..pindahan rmh...ga tau deh loyangnya dmn...beli loyang dulu deh

    ReplyDelete
  4. Haddeh mbak rosi,pizza nya bikin ngileerr..mupeng pengen buat,gk pny loyang pizza pake loyang kuker gak papa kan? Tq for sharing,,udah di bookmark aja resepnya :D

    ReplyDelete
  5. Thanksgiving buat adminnya

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum mba,
    Boleh minta izin untuk salin resep dan cara membuatnya di blog saya? Tentu saja akan saya lampirkan sumbernya juga di resep tersebut. Terima kasih sebelumnya.
    Henny

    ReplyDelete