GREENTEA CAKE FOR ANNIVERSARY

Lagi santai di akhir pekan, tiba - tiba ditelepon teman kantor untuk bikinin cake buat perayaan silver wedding anniversary-nya. Mana telponnya sudah menjelang sore pula, buat besok paginya jam 9an. Hmmm...bahan sih ada semua, tapi mikir konsepnya dan belanja aksesoris/bahan kalau ada yang kurang..keburu gak ya? Akhirnya karena kapan hari sudah janji mau pesan (dan dikonfirmasi mendadak) ya mau tidak mau harus ready

Base cake sudah jelas, minta yang beraroma green tea/matcha, dengan warna cake overall hijau lembut, dan bentuknya persegi panjang yang jumbo karena buat keluarga besar. Sepakatlah ukuran 48 x 24 cm. Tinggal konsep nih yang masih belum jelas...searching sana sini buat dapetin gambaran ide..akhirnya mulai kebayang gimana nanti bentuknya... Yup, seperti inilah...seems not bad kan (saya sih bilangnya abstrak ga jelas), tapi stressnya luar biasa..hehehe..nyaris putus asa dibuatnya.



Motif abstrak itu ga sengaja sebenernya, berawal dari buttercream yang kurang (kehabisan bahan ceritanya), akhirnya covering ga bisa rata...daripada kelihatan jelek, sekalian aja semua diacak-acakin..hehehe..

Untuk base cake, aku pakai yang sudah jelas-jelas lembut aja, pakai resepnya Blue Velvet NCC, hanya aku modifikasi dengan tambahan bubuk matcha dan greentea pasta. Untuk frosting, aku tidak pakai whipcream, karena takut meleleh (ini cake gak muat masuk kulkasku soalnya)...jadi pakai buttercream special ala Bu Fatmah Bahalwan yang diberi sedikit pasta greentea


Aku bikin 2,5 resep dengan ukuran loyang 24 cm (pakai 2 loyang), terus masing-masing cake dibagi 2 melintang untuk diisi filling buttercream. Ini 1 resep dasarnya ya..


GREEN TEA CAKE
Adapted from BLUE VELVET CAKE
By : Fatmah Bahalwan / NCC

BAHAN A:

6 btr telur utuh
4 btr kuning telur
200 gr gula pasir
1 sdm cake emulsifier

BAHAN B:

125 gr tepung terigu
10 gr susu bubuk
10 gr tepung maizena
5 gr matcha powder (bubuk greentea)

BAHAN C:

150 gr Mentega, lelehkan
1 sdm pasta greentea / pewarna hijau lumut (moss green)

BAHAN D:

100 gr whipped cream
100 gr white cooking chocolate

BAHAN E: (frosting)

800 gr mentega putih/shortening
200 gr softcream (aku pakai hollmann)
1 kaleng susu kental manis
600 ml simpel sirup (atau bisa dikurangi sesuai selera manisnya)
1 sdt pasta green tea
Kocok semua bahan hingga lembut dan ringan, siap digunakan


CARA MEMBUAT:

  1. Panaskan bahan D di atas api hingga cokelat cair tapi tidak mendidih. Angkat. Dinginkan. Kocok sampai mengembang, sisihkan.
  2. Kocok bahan A hingga mengembang.Masukkan bahan B dan aduk rata, tuangi bahan C aduk balik hingga rata.
  3. Tuangkan kedalam 3 buah loyang bulat diameter 20x4cm, ratakan. (saya bikin 2,5 resep ini dan dituang ke 2 loyang kotak ukuran 24 cm)
  4. Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 25 menit atau hingga matang, angkat, masing-masing cake dibelah melintang jadi 2 dan dinginkan.
  5. Letakkan 1 lembar cake diatas triplek, poles dengan adonan D, tumpuk dengan 1 lembar cake lainnya. Lakukan hal yang sama dengan 2 lembar cake sisanya, kemudian tata cake berdampingan, oleskan buttercream di sisi sambungannya.
  6. Olesi sisi dan seluruh permukaannya dengan bahan E. Hias sesuai selera.
Stress dan lelah terbayar dengan testimoni pemesan yang bilang cake-nya enaaak banget dan ludes dibuat rebutan..alhamdulillah..

No comments:

Post a Comment