Brownies Kukus Cokelat

Brownies kukus nan lembut dengan rasa dan aroma cokelat yang pekat. Cocok untuk segala acara, atau sekedar teman minum teh. Mau dijadikan base untuk birthday cake? Mantap abis pastinya! Silahkan dicoba :))



Cantik kan, penampilannya? Secantik rasanya, dijamin! (jempol 4 deh). Brownies satu ini punya banyak cerita dan sangat berarti buat saya. Boleh dikata awal mulanya benar2 pede dan makin jatuh cinta sama dunia per-baking-an dikarenakan sukses membuat brownies ini. 

Ini juga kue yang pertama kali saya buat setelah pertama kali juga ikut kursus Cake Dasar NCC. Betapa senangnya, tidak bisa dilukiskan dengan kata2. Ingat benar, hampir setiap minggu setelahnya saya selalu membuat ini. Bosen? Nggak pernah. Berkali2 menggigit dan melumatnya dalam lidah, namun selalu saja terkejut oleh sensasi rasanya di indera pengecap saya, plus selalu satu pertanyaan meragu : benarkah aku sendiri yang membuatnya? Karena rasanya jauh melebihi brownies kukus ternama yang sudah ada dimana2. Saya tidak berlebihan...

Kesekian kalinya bikin ini, pernah saya bagi2 ke tetangga, sama sekali tidak berniat promosi, hanya karena satu resepnya termasuk ukuran jumbo, yang sayang kalau sampai berhari2 baru habis oleh keluarga kecil kami. Respon tetangga samasekali tidak terkira.. langsung ada tetangga yang datang kala itu, minta dibuatkan untuk acara lamaran anaknya!!! 

Jangan ditanya bagaimana perasaan saya yang amatir ini...jantung serasa mau loncat dari tempatnya saking senangnya. Berarti enak dong, kue buatan saya?? :)) Beberapa minggu kemudian, pesanan itu berulang, oh my God... bahagianya bukan kepalang. Bukan masalah lakunya, tapi itu lebih berarti sebuah pengakuan buat saya, bahwa saya telah berhasil membuatnya dengan baik. Saya, yang amatir, yang baru beberapa kali buat kue, langsung menerima pesanan, tanpa promosi lagi! Hehehe.. Memang ampuh dan dahsyat brownies ini... Saya bela2in mengerjakan orderan itu sampai lewat tengah malam. Bagaimana tidak, jam setengah sembilan baru sampai rumah sepulang kantor..:))

Jika sedang iseng ingin membuat brownies ini untuk dibawa dan dibagikan ke teman kantor pun, rata2 pasti bilang mau dibuatkan untuk anaknya dirumah.. Karena brownies ini pun selalu jadi kegemaran anak2.

Hingga akhirnya resep ini saya share ke sahabat saya yang juga penggemar baking, responnya juga sama, laris manis!!

Ah, terlalu banyak cerita sukses brownies ini buat saya, terimakasih NCC yang sudah mengenalkan dan mengajarkan saya cara membuat brownies ini. Jadi resep andalan jualan saya. Ijin share ya Bu Fat yang cantik dan baik hati(you're always my inspiration)...:))    


Brownies Kukus Lapis Cokelat

by Fatmah Bahalwan

Bahan A:

 12 btr telur
450 gr gula pasir
 20 gr emulsifier
  1 sdt garam

Bahan B:

 75 gr coklat bubuk
300 gr tepung terigu

Bahan C:

300 gr mentega/margarine
200 gr dark cooking chocolate
  1 sdm pasta coklat black forest
  1 sdt pasta vanilla

Bahan filling:

250 gr coklat beras (meses)






Cara membuat:

  1. Siapkan loyang kotak ukuran 26x26x8cm, poles margarin dan alasi kertas, poles lagi dengan margarin. Lelehkan mentega dan dark cooking chocolate dengan cara ditim.
  2. Kocok bahan A sampai kental dan “berjambul petruk”/berjejak. Masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata. Tuang bahan C, aduk hingga rata benar. Bagi menjadi 3 bagian sama rata.
  3. Tuang satu bagian adonan kedalam loyang, kukus selama kurang lebih 10 menit.
  4. Buka kukusan, taburi 1/2 bagian mesis, tuang lagi satu bagian adonan, kukus lagi.
  5. Lakukan sampai adonan habis, menjadi 3 lapis. 
  6. Terakhir, kukus kurang lebih 30 menit hingga matang.


No comments:

Post a Comment